Mozilla Firefox (Add-ons, Scripts, Fans Club)

Firefox adalah browser internet ciptaan Mozilla, sebuah organisasi non-profit.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini.

The latest Firefox features include tabbed browsing, spell checking, incremental find, live bookmarking, a download manager, private browsing, location-aware browsing (also known as “geolocation”) based exclusively on a Google service and an integrated search system that uses Google by default in most localizations. Functions can be added through extensions, created by third-party developers, of which there is a wide selection, a feature that has attracted many of Firefox’s users.

A. APA ITU ADDONS?
Pengaya tambahan yang bisa diinstal tambahan untuk proyek-proyek Yayasan Mozilla. Pengaya memungkinkan pengguna untuk menambah atau menambah fitur-fitur aplikasi, menggunakan tema sesuai dengan keinginan mereka, dan menangani jenis materi yang baru.

Tipe-tipe add-ons:

Ekstensi
Ekstensi dapat digunakan untuk memodifikasi perilaku fitur yang ada ke aplikasi tersebut atau menambahkan fitur yang sama sekali baru. Ekstensi sangat populer dengan Firefox, karena pengembang Mozilla berniat untuk mengembangkan browser menjadi aplikasi yang cukup minimalis untuk mengurangi bug, sementara tetap fleksibilitas, sehingga pengguna individu dapat menambahkan fitur yang mereka inginkan.

Plugin
Plugin umum termasuk Acrobat Reader, Flash Player, Java, Quicktime, RealPlayer, Shockwave, dan Windows Media Player.

Persona
Skin tambahan yang dapat dipasang untuk add-on Anda.

Tema
Berbeda dengan Persona yang hanya memberikan latar belakang bergambar untuk Menu Bar browser Anda, tema biasanya juga merubah tombol2 atau button pada browser Anda.

C. MAU TAU LEBIH LANJUT TENTANG SCRIPT?
Script yang membuat perubahan pada halaman web tertentu di sisi client (di browser atau server proxy) biasanya untuk mengubah penampilan mereka atau untuk menambah atau memodifikasi fungsi.

Script berbeda dengan add-ons. Untuk meng-install script, Anda terlebih dahulu harus meng-install GreaseMonkey atau Scriptish.
Secara umum script lebih ringan dari add-ons karena script baru di-load setelah kita membuka web/situs di mana script tersebut bekerja.
Anda bisa cari banyak script2 penting dan berguna di userscripts.org (uso).

Membuat script bukan hal yang mudah, memerlukan pengertian mendalam akan coding dkk, waktu, energi, dan kemauan. Membuat script tidak dibayar, seringkali script author harus meluangkan waktu khusus untuk me-maintain script-nya (apabila ada bug atau perubahan di situs yang dituju) karena itu HARGAILAH SCRIPT AUTHOR. Jangan sekali2 mengaku-aku script itu sebagai karya Anda dan/atau meminta imbalan atas script yang tidak Anda kerjakan sama sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: